Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Dirjenpendis melalui Direktorat GTK Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program Madrasah Education Quality Reform (MEQR).
Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:
- AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024, dan wajib diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;
- Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024;
- AKGTK dilaksanakan secara daring di Tempat Asesmen Kompetensi (TAK) yang berlokasi di satuan pendidikan madrasah terdekat di Kabupaten/Kota masing-masing;
- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi akan menentukan TAK yang akan dijadikan lokasi pelaksanaan AKGTK dan mencatatkannya di SIMPATIKA;
- AKGTK bagi guru-guru mata pelajaran Rumpun Agama (Akidah Akhlak, Fiqih, Alquran Hadist, Sejarah
- Kebudayaan Islam), Bahasa Arab, dan mata pelajaran umum diluar mata pelajaran program MEQR – World Bank akan dilaksankan di tahap 2 di Bulan Agustus 2024.
Daftar Mata Pelajaran AKGTK Tahap 1
Lini Masa AKGTK Tahap 1
Untuk mengunduh Edaran dan Juknis Pelaksanaan AKGTK Madrasah Tahun 2024 silahkan klik dibawah ini:
Adapun syarat guru untuk dapat mengikuti Asesmen Kompetensi Guru (AKGTK/AKG) ialah sebagai berikut:
- Sudah melakukan Verifikasi dan Validasi NRG dan/atau Ijazah S1 di Simpatika
- Mengampu mata pelajaran yang diikutkan AK-GTK atau AKG
- Memiliki NPK (Nomor Pendidik Kemenag)
Prosedur Pendaftaran AKGTK 2024 di SimPatika:
- Login sebagai PTK pada layanan http://simpatika.kemenag.go.id/
- Pilih menu Diklat >> AKG >> Daftar AKG.
- Selanjutnya pilih Mata Pelajaran AKG dan Lokasi AKG jika sudah dianggap sesuai, klik Simpan.
- Data Ajuan sudah tersimpan, silakan pantau terus laman ini pada akhir pendaftaran untuk mendapatkan informasi Surat Pengantar yang berisi Jadwal Tanggal dan Jam pelaksanaan AKG.
- Apabila ingin membatalkan pendaftaran AKG silakan dapat klik link pada kalimat “Jika ingin membatalkan pendaftaran, klik disini”
- Berikut cetak bukti pengajuan calon Peserta Asesmen Kompetensi Guru.
- Setelah meneyelesaikan pelaksaan AKG, PTK dapat melihat Laporan Hasil AKG yang sudah terserdia disistem Simpatika. Klik menu AKG >> Cetak Surat pada kolom Laporan Hasil.
- Bagi PTK yang telah melakukan pendaftaran namun tidak hadir pada pelaksanaan AKG 2020, maka tidak bisa melihat hasil laporan AKG.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar